PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS SORGUM (Sorghum bicolor L.) YANG DITUMPANGSARIKAN DENGAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

Heti, Sufiani (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS SORGUM (Sorghum bicolor L.) YANG DITUMPANGSARIKAN DENGAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SORGUM TIGA VARIETAS -C1M016059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil sorgum yang ditumpangsarikan dengan kacang tanah dan mengetahui nisbah keseteraan lahan (NKL) dari tumpangsari tiga varietas sorgum dengan kacang tanah. Percobaan ini dilakukan di Desa Sandik Kecamatan Batu Layar. Jenis metode yang digunakan yaitu metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 7 perlakuan yaitu tumpangsari sorgum varietas Numbu, Super Agritan dan Bioguma dengan kacang tanah, monokrop sorgum varietas Numbu, Super Agritan, Bioguma dan monokrop kacang tanah. Perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 21 unit percobaan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa sorgum yang ditumpangsarikan dengan kacang tanah memiliki pertumbuhan dan hasil yang lebih tinggi dibandingkan perlakuan sorgum monokrop, sedangkan kacang tanah yang ditanam secara monokrop mendapatkan pertumbuhan dan hasil yang lebih tinggi dibandingkan perlakuan kacang tanah secara tumpangsari. Sorgum yang menunjukkan hasil yang lebih tinggi yaitu sorgum varietas Numbu dibandingkan sorgum varietas Super Agritan dan Bioguma baik ditanam secara tumpangsari dan monokrop. Ketiga varietas sorgum yang ditumpangsarikan dengan kacang tanah memiliki nilai nisbah kesetarahan lahan > 1 artinya penanaman tumpangsari sorgum dengan kacang tanah lebih efisien dan produktif dalam penggunaan lahan dibandingkan dengan penanaman sistem monokrop.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sorgum, Tumpangsari, Kacang Tanah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:42
Last Modified: 10 Feb 2021 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item View Item