PENGARUH SERAT DAUN NANAS SEBAGAI PENGGANTI BERAT SEMEN TERHADAP NILAI KUAT TEKAN, TARIK BELAH DAN RESAPAN AIR PAVING BLOCK

DIMAS, NANDA PRATAMA (2021) PENGARUH SERAT DAUN NANAS SEBAGAI PENGGANTI BERAT SEMEN TERHADAP NILAI KUAT TEKAN, TARIK BELAH DAN RESAPAN AIR PAVING BLOCK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIMAS FIX OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jumlah penggunaan paving block saat ini semakin meningkat, sementara itu dibutuhkan paving block dengan kualitas yang lebih baik, untuk itu dibutuhkan inovasi-inovasi baru untuk menghasilkan paving block yang lebih berkualitas. Salah satu inovasi yang dapat digunakan dalam bahan penyusun paving block adalah dengan menggunakan serat daun nanas sebagai pengganti berat semen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serat daun nanas sebagai pengganti berat semen terhadap kuat tekan, tarik belah dan resapan air paving block. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen di Laboratorium dengan melakukan variasi penggantian berat semen dengan serat daun nanas. Persentase penggantian semen yang digunakan yaitu 0%, 0,5%, 1%, 1,5%, 2%, 2,5% dan 3% dengan jumlah benda uji sebanyak 15 buah untuk setiap proporsi penggantian semen. Campuran semen dan pasir yang digunakan yaitu 1:4. Pembuatan paving block dilakukan menggunakan mesin press dengan benda uji berbentuk persegi dengan ukuran 20cm x 10cm x 8cm. jenis pengujian yang dilakukan yaitu pengujian kuat tekan, tarik belah dan daya serap air. Hasil penelitian menunjukan nilai kuat tarik belah optimum terjadi pada proporsi 0,7% dengan nilai 4,96 MPa. Sedangkan pemanfaatan serat daun nanas sebagai pengganti barat semen tidak terjadi peningkatan pada uji kuat tekan dan resapan air. Terjadi penurunan sebesar 26,10% untuk pengujian kuat tekan dan 64,33% untuk pengujian resapan air.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Paving block, serat daun nanas, kuat tekan, tarik belah, resapan air.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:46
Last Modified: 10 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20830

Actions (login required)

View Item View Item