PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA PADA KELAS III GUGUS 2 AMBALAWI TAHUN AJARAN 2020/2021

MIFTAHUL, HAYATUN (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA PADA KELAS III GUGUS 2 AMBALAWI TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL HAYATUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran dijumpai siswa tidak memperlakukan teman dengan baik, kurang serius menjawab pertanyaan teman maupun guru, semangat belajar kurang, dan tidak menjaga suasana pembelajaran tetap kondusif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan sosial emosional siswa yang berbeda, sehingga dibutuhkan suatu metode yang dapat menumbuhkan perkembangan sosial emosional siswa yaitu metode role playing. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh penggunaan metode role playing terhadap perkembangan sosial emosional siswa pada kelas III gugus 2 Ambalawi tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ekperimen dengan rancangan Quasi Eksperimen Tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sekolah dasar gugus 2 Ambalawi tahun ajaran 2020/2021. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas III SDN 1 Rite sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III SDN Inpres 2 Rite sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus independent samples t-test. Hasil analisis data menggunakan program SPSS versi 16.0 menunjukkan nilai t-hitung 9.917 dan t-tabel 2.042 dimana nilai t-hitung ≥ t- tabel atau dengan melihat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 taraf signifikan 5% dengan df 30 maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh metode role playing terhadap perkembangan sosial emosional siswa pada kelas III gugus 2 Ambalawi tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dari keterlaksanaan sebagian besar sintak kegiatan pembelajaran menggunakan metode role playing yaitu 94,73 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Metode Role Playing, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:46
Last Modified: 10 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item View Item