ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI TORTILA DI KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT (STUDI KASUS KWT FIL’OS SEJAHTERA)

DINA, MARIANA (2020) ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI TORTILA DI KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT (STUDI KASUS KWT FIL’OS SEJAHTERA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi JIlid 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kelayakan usaha produk agroindustri tortila di kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. 2) Untuk mengetahui strategi pemasaran (Markering Mix) produk agroindustri tortila di kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. 3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi produsen pada produk agroindustri tortila di kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara.Unit yang di analisis dalam peneltian ini yaitu Agroindustri tortila “KWT Fil’os Sejahtera”.Lokasi penelitian ditetapkan secara “Purposive Sampling” atas pertimbangan bahwa Di Kecamatan Kediri hanya satu-satunya “KWT Fil’os Sejahtera” yang memproduksi tortila. Responden yang akan dijadikan obyek dalam penelitian ini ada dua yaitu produsen dan pedagang yang ditentuka dengan wawancara.Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder.Analisis data yang digunakan adalah analisis biaya, pendapatan, kelayakan usaha dan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Biaya yang dikeluarkan oleh Agroindustri Tortila “KWT Fil’os Sejahtera adalah Rp. 1.327.669 per satu kali proses produksi. Pendapatan yang diperoleh Agroindustri Tortila “KWT Fil’os Sejahtera” adalah Rp. 872.331 per satu kali proses produksi. Dari hasil perhitungan R/C ratio Agribisnis Tortila “KWT Fil’os Sejahtera” didapatkan nilai 1,66. Hal ini menunjukkan bahwa nilai R/C ratio yang diperoleh produk tortila lebih dari 1 (R/C ratio > 1).Dari perhitungan R/C ratio tersebut juga menunjukkan bahwa usaha agroindustri tortila tersebut layak untuk diusahakan. 2) Strategi Pemasaran (Marketing Mix) diketahui Agroindustri Tortila “KWT Fil’os Sejahtera” memiliki empat hal penting yaitu produk, distribusi, promosi dan harga sebagai berikut : a) Strategi produk yang dilakukan oleh Agroindustri Tortila “KWT Fil’os Sejahtera” yaitu produk tortila yang dihasilkan memiliki ciri khas yakni varian jagung dan rumput laut, selain itu kemasan sudah semenarik mungkin dimana terdapat nama produk pada setiap label kemasan serta keterangan komposisi. b) Strategi distribusi Agroindustri Tortila "KWT Fil'os Sejahtera" hanya menerima pesanan dari toko supermarket dan toko oleh-oleh yang biasanya memesan setiap 1-3 hari dalam seminggu. c) Strategi promosi yang dilakukan pemilik usaha Agroindustri Tortila "KWT Fil'os Sejahtera" yaitu hanya melakukan promosi dari mulut ke mulut atau personal selling dan belum tertarik menggunakan media sosial dll. d) Strategi harga yang dilakukan pemilik usaha Agroindustri Tortila "KWT Fil'os Sejahtera" adalah ditentukan berdasarkan biaya produksi yang dikeluarkan dan menambahkan beberapa persen dari biaya produksi. 3) Kendala atau hambatan yang dialami oleh pemilik usaha Agroindustri Tortila "KWT Fil'os Sejahtera" dalam menjalankan kegiatan usahanya yaitu harga bahan baku yang sewaktu-waktu naik turun dipasaran dan iklim atau cuaca yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kelayakan usaha ,pemasaran, tortila.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:51
Last Modified: 10 Feb 2021 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20843

Actions (login required)

View Item View Item