SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN RFID DAN FINGERPRINT DENGAN SISTEM PERINGATAN MELALUI SMS GETWAY

JULI, ANUGRAH PRATAMA (2021) SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN RFID DAN FINGERPRINT DENGAN SISTEM PERINGATAN MELALUI SMS GETWAY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan_TA_Juli Anugrah Pratama_F1B013049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sepeda motor adalah salah satu sarana yang diminati dan praktis, serta terjangkau oleh masyarakat. Dengan demikian semakin meningkatnya mobilitas masyarakat maka diikuti pula dengan meningkatnya pencurian sepeda motor di berbagai wilayah baik di kota besar maupun kecil. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mempunyai gagasan untuk membuat sistem keaman sepeda motor. Sistem ini dibuat dengan menggunakan RFID, Fingerprint, Modul GSM SIM 900, Relay, LED dan Buzzer. Perancangan ini dilakukan pada prosedur penelitian melalui dua tahapan yaitu (1) perancangan keamanan sepeda motor dan rangkaian pengendali (2) pembuatan program arduino pada software IDE (Integrated Development Environment) dan SFG Demo untuk mendaftarkan sidik jari. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem keamanan sepeda motor dalam penelitian ini dapat bekerja secara optimal. Alat ini dapat menghidupkan sepeda motor apabila diberikan dua inputan yaitu RFID dan sidik jari yang benar. Kemudian untuk mematikan sepeda motor cukup satu inputan yaitu RFID benar dan jika diberikan inputan yang salah sebanyak 3 kali maka buzzer akan memyala dan modul GSM SIM 900 akan mengirim pesan ke handphone pemilik dengan format “MOTOR ANDA DALAM KEADAN TIDAK AMAN”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sepeda Motor, Arduino Uno, RFID, Fingerprint, GSM SIM 900, Sistem Keaman Sepeda Motor
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:57
Last Modified: 10 Feb 2021 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20858

Actions (login required)

View Item View Item