PERSEPSI GURU PPKn TERHADAP MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI SMA NEGERI 1 WANASABA

SOHIBUL, IHSAN (2021) PERSEPSI GURU PPKn TERHADAP MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI SMA NEGERI 1 WANASABA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PERSEPSI GURU PPKn TERHADAP MODEL COOPERATIVE LEARNING TIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi Guru PPKn terhadap Model Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition di SMAN 1 Wanasaba dan, (2) kendala yang di hadapi Guru PPKn dalam penerapan Model Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition pada Mata Pelajaran PPKn di SMA 1 Wanasaba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru PPKn di SMA Negeri 1 Wanasaba. teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul lalu dianalisis dengan cara deskripsi melalui langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu : (1) Persepsi Guru PPKn terhadap Model Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition, (2) Penerapan Model Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition dilakukan dengan tahapan, Tahap penyajian materi, Tahap Kerja Kelompok, Tahap tes individu, Tahap perhitungan skor Perkembangan Individual, Tahap penghargaan tim, (3) Kelebihan dan kekurangan Model Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition, (4) Kendala yang dihadapi Guru PPKn, kurangnya minat siswa, tidak cukupnya jam pelajaran, kendala dalam pembagian kelompok serta siswa belum terbiasa dengan Model Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Persepsi Guru PPKn, Model Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:57
Last Modified: 10 Feb 2021 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20862

Actions (login required)

View Item View Item