EVALUASI SISTEM PENILAIAN DAN PEMBOBOTAN KINERJA JARINGAN IRIGASI ; ( STUDI KASUS : SALURAN IRIGASI PRIMER BISOK BOKAH )

WAHYU, TSALATSI ITSNAINI (2021) EVALUASI SISTEM PENILAIAN DAN PEMBOBOTAN KINERJA JARINGAN IRIGASI ; ( STUDI KASUS : SALURAN IRIGASI PRIMER BISOK BOKAH ). S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_Wahyu Tsalatsi Itsnaini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penilaian kinerja jaringan irigasi dibutuhkan untuk mengetahui kondisi jaringan irigasi, hal ini diatur dalam Peraturan Menteri PUPR No. 12/PRT/M/2015 Tentang Eksploitasi Dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi. Penelitian ini terfokus pada penilaian kinerja irigasi prasarana fisik saluran pembawa, dengan studi kasus berlokasi di Daerah irigasi Bisok Bokah Kecamatan Kopang, dengan kondisi saat ini mengalami penurunan kinerja yang diakibatkan kerusakan pada jaringan irigasi, banyaknya kebocoran dan pengambilan liar yang dapat mengurangi pelayanan untuk memenuhi kebutuhan air. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian kinerja prasarana fisik saluran pembawa dengan membandingkan sistem penilaian menggunakan Peraturan Menteri PUPR No. 12/PRT/M/2015 Tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi dengan sistem penilaian dengan memasukkan item/bagian fungsi yang diperoleh dari kuesioner, dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Prosces (AHP) dalam menganalisis nilai bobot maksimum indeks kondisi. Dari hasil penelitian, penilaian indeks kinerja prasarana fisik saluran pembawa dengan menggunakan Peraturan Menteri PUPR No. 12/PRT/M/2015 Tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi adalah sebesar 98,66% predikat sangat baik, sedangkan dengan menggunakan sistem penilaian dengan memasukkan item/bagian fungsi yang diperoleh dari kuesioner sebesar 89,94% predikat sangat baik, selisih antara kedua sistem tersebut sbesar 8,72%. Berdasarkan hasil inventarisasi lapangan yang menggambarkan kondisi aktual adalah sitem penilaian dengan menambahkan item/bagian fungsi, sehingga rekomendasi dalam penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian kinerja irigasi harus menambahakan item/bagian fungsi didalamnya.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : fungsi saluran, jaringan irigasi Bisok bokah, kinerja prasarana fisik saluran pembawa
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:57
Last Modified: 10 Feb 2021 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item View Item