DAMPAK TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Mataram)

NOVEL, SAPUTRA (2020) DAMPAK TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVEL SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresif siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Mataram. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk-bentuk tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 24 Mataram?. (2) bagaimanakah dampak tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 24 Mataram?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdsarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Bentuk-bentuk tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 24 Mataram adalah jenis tayangan film animasi kartun dan sinetron (2) Dampak tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 24 Mataram yaitu bentuk perilaku agresi fisik dan verbal. Perilaku agresi yang cenderung sering dilakuan adalah perilaku agresi fisik. Bentuk perilaku agresi fisik merupakan tindakan agresi yang berkenaan dengan fisik atau tubuh seseorang seperti mendorong, memukul, mencubit, memelintir tangan teman hingga berkelahi. Bentuk perilaku agresi verbal yang ditemukan antara lain adalah dengan mengejek serta bentuk ucapan tantangan kepada anak lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Dampak, Tayangan Kekerasan, dan Perilaku Agresif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:57
Last Modified: 10 Feb 2021 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20869

Actions (login required)

View Item View Item