PENGGUNAAN MEDIA HANDPHONE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI DI SMAN 1 LINGSAR

NOVIA, SRI FATMAYUNI (2021) PENGGUNAAN MEDIA HANDPHONE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI DI SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA SRI FATMAYUNI (E1B016040).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Penggunaan media handphone dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMAN 1 Lingsar,manfaat media handphone yang digunakan tkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, kesulitan yang dihadapi guru dalam penggunakan media handphone pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Lingsar dengan informan kepala sekolah SMAN 1 Lingsar dan guru PPKn di SMAN 1 Lingsar. Tehnik pengumpulan data yaitu tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara deskripsi melalui langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media handphone Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMAN 1 Lingsar sudah diterapkan, Media handphone yang digunakan bisa untuk mencari materi pelajaran, mengirim tugas melalui WA pada saat Daraing. Pemanfaatan penggunanan handphone dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN sangat besar manfaatnya dalam proses pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengirim tugas , mencari materi dan mendapatkan informasi terkait kegiatan pembelajaran. Kesulitan yang dihadapi guru dalam penggunaan media handphone seperti : 1) kurang pahamnya guru dalam penggunaan media handphone. Jadi upaya sekolah yang diberikan kepada guru yaitu diupayakan oleh pihak sekolah dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan simulasi dalam pemanfaatan alat teknologi yang berkaitan dengan proses pembelajaran dengan sistem daring. Sedangkan kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menggunakan media handphone seperti : 1) siswa tidak memiliki handphone, 2) tidak memiliki kuota internet, 3) siswa memiliki handphone dan kuota internet namun salah digunakan dengan bermain games. Upaya yang diberikan sekolah untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa yaitu pihak sekolah memberikan kuota internet dan meberikan saran dan pengertian kepada siswa yang tidak memilki hanphone bisa mengikuti proses pembelajaran dan mendapatkan informasi mengenai pembelajaran kepada teman yang lokasi rumahnya berdekatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Penggunaan Media, Handphone, Prestai Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:58
Last Modified: 10 Feb 2021 04:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20872

Actions (login required)

View Item View Item