PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERI) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN PEMENANG

Lalu, Yani Faturrahman (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERI) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN PEMENANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU YANI FATURRAHMAN_E1E016072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media Kokami sebagai media pembelajaran menurut validasi ahli dan uji coba terbatas. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa kuesioner validasi ahli media, validasi ahli materi, respon guru, dan respon siswa. Rata-rata jumlah skor (X) yang diperoleh dari validasi ahli media tahap II sebesar 99 yang terletak pada interval X > 92,4, sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. Rata-rata jumlah skor (X) yang diperoleh dari validasi ahli materi tahap II sebesar 92 yang terletak pada interval X > 79,8, sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. Rata-rata jumlah skor (X) yang diperoleh dari respon guru sebesar 144 yang terletak pada interval X > 126, sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. Rata-rata jumlah skor (X) yang diperoleh dari respon siswa sebesar 55 yang terletak pada interval X > 50,4, sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Kokami pada pembelajaran tematik sudah mememenuhi kategori kelayakan untuk digunakan sebagai media pembalajaran. Penelitian ini hanya melakukan uji coba secara terbatas pada 6 siswa, sehingga penyebarannya juga hanya dapat dilakukan pada skala kecil. Disarankan agar pada penelitian selanjutnya dapat melakukan uji coba lapangan untuk melihat keefektifan pembelajaran menggunakan media Kokami sehingga penyebarannya dapat dilakukan pada skala yang lebih luas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: R&D, Media Kokami, Pembelajaran Tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:00
Last Modified: 10 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20875

Actions (login required)

View Item View Item