PERLINDUNGAN HUKUM DESAIN INDUSTRI TERHADAP KERAJINAN EMAS DAN PERAK SEBAGAI INDUSTRI KREATIF DALAM REZIM HKI (Studi di Sekarbela)

LUKMANUL, HAKIM (2021) PERLINDUNGAN HUKUM DESAIN INDUSTRI TERHADAP KERAJINAN EMAS DAN PERAK SEBAGAI INDUSTRI KREATIF DALAM REZIM HKI (Studi di Sekarbela). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekarbela kota Mataram, untuk memperoleh pengetahuan dan mengetahui bagaimana proses pendaftaran kerajinan emas dan perak sebagai industri kreatif dalam rezim HKI dan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap kerajinan emas dan perak sebagai industri kreatif dalam rezim HKI. Penelitian ini merupakan penelitian Hukum Normatif-Empiris penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Pendaftaran kerajinan emas dan perak, dari pihak Dinas perindustrian hanya membantu memfasilitasi pendaftarannya melalui Kemenkumham di provinsi pusat. Lembaga pendaftaran dalam kerangka perlindungan hukum di bidang Desain Industri sifatnya hanyalah sebagai fasilitatif dalam arti negara bertindak menyediakan dan akan melayani bila ada pendesain atau pemegang hak desain yang ingin mendaftarkan desainnya. Wacana omnibus law bidang pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mendapatkan respons positif dari berbagai kalangan mengingat saat ini regulasi di Indonesia sudah mengalami obesitas sehingga berpotensi menghambat investasi. Adapun upayanya mengadakan sosialisasi mengenai HKI khususususnya mengenai desain industri, Pendokumentasian, pemberian konsultan hukum dan Pemberian bantuan dalam melakukan pendaftaran mengenai desain industri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : HKI, Perlindungan Hukum ,Desain Industri.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:00
Last Modified: 10 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20879

Actions (login required)

View Item View Item