STUDI TENTANG PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK Kasus pada Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus “BRSAMPK” Paramita Mataram

Ririn, Aprilia (2021) STUDI TENTANG PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK Kasus pada Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus “BRSAMPK” Paramita Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIRIN FIXX 25Jan 21.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai studi tentang perilaku menyimpang pada anak yang berada di BRSAMPK Paramita Mataram. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab perilaku menyimpang pada anak serta untuk mengetahui peran balai rehabilitasi dalam menangani serta membina anak yang ada di BRSAMPK Paramita Mataram. Analisis teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz tentang konsep Because Motive & In Order to Motive. Metode penelitian menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Lokasi penelitian dilakukan pada Balai Rehabilitasi Sosial Anak Membutuhkan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Paramita Mataram. Unit analisis dalam penelitian ini adalah anak yang berhadapan dengan hokum (ABH) yang bertatus sebagai pelaku dengan menggunakan metode Purpossive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi berupa foto, rekaman wawancara, catatan lapangan serta dokumen-dokumen pendukung lain yang didapat dari balai, jurnal dan buku. Dalam penelitian ini digunakan analisis data Kualitatif dengan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua faktor yang melatarbelakangi anak melakukan tindakan menyimpang yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor kontrol diri rendah dan faktor usia. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, ekonomi, lingkungan, pergaulan (teman sebaya), kesempatan , obat-obat terlarang (narkoba), faktor teknologi (HP) dan faktor kebiasaan. Upaya yang di lakukan balai dalam menangani dan membina anak meliputi Terapi Kelompok, Terapi Psikososial, Terapi Spiritual, Terapi Vokasional dan Bimbingan Fisik. Selain itu terdapat kegiatan tambahan berupa kegiatan pendukung seperti kegiatan orientasi diri, penyuluhan sosial untuk anak, Penyuluhan kesehatan dan lain-lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perilaku Menyimpang, anak, faktor penyebab, peran balai.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:00
Last Modified: 10 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20883

Actions (login required)

View Item View Item