FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA YANG MEMPENGARUHI KOHESIVITAS DAN DINAMIKA KELOMPOK TANI DI KELURAHAN GERANTUNG KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Nuryatun, Nuryatun (2021) FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA YANG MEMPENGARUHI KOHESIVITAS DAN DINAMIKA KELOMPOK TANI DI KELURAHAN GERANTUNG KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURYATUN JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat kekompakan (kohesivitas) dan dinamika kelompok tani di Kelurahan Gerantung Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah, dan (2) Mengetahui faktor-faktor sosial ekonomi dan budaya apa saja yang mempengaruhi kohesivitas dan dinamika kelompok tani di Kelurahan Gerantung Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisis kategorial dan analisis rank spearman, dan untuk pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dengan berpedoman pada daftar pertanyaan (kuesioner). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kohesivitas dan dinamika kelompok tani di Kelurahan Gerantung, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah termasuk dalam kategori tinggi, dan (2) Faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi kohesivitas dan dinamika kelompok tani adalah lembaga ekonomi yang diikuti dan pengalaman berusahatani, sedangkan untuk pendapatan petani, pendapatan rumahtangga, ragam pekerjaan dalam satu tahun terakhir, luas lahan, dan jumlah tanggungan, tidak berpengaruh. Faktor sosial budaya yang mempengaruhi adalah kelembagaan sosial budaya, orientasi nilai budaya, norma, dan tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kelompok tani, dinamika dan kohesivitas kelompok, faktor sosial ekonomi dan budaya.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:00
Last Modified: 10 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20884

Actions (login required)

View Item View Item