VARIASI ARAH AKSIAL DAN ARAH RADIAL SIFAT FISIKA KAYU BANGSAL (Engelhardia spicata Lechen. ex Blume) DARI DESA SAMBIK ELEN KABUPATEN LOMBOK UTARA

Wahyu, Dias Anugrah (2021) VARIASI ARAH AKSIAL DAN ARAH RADIAL SIFAT FISIKA KAYU BANGSAL (Engelhardia spicata Lechen. ex Blume) DARI DESA SAMBIK ELEN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sifat fisika kayu bangsal (Engelhardia spicata lechen ex. Blume) dari Desa Sambik Elen, Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap faktorial dengan 2 faktor yaitu, arah aksial dan arah radial. Pembuatan contoh uji dan pengujian mengikuti British standard nomor 373 tahun 1957. Hasil penelitian dianalisis menggunakan software Microsoft excel dan diuji lanjut menggunakan uji BNJ dengan taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kadar air segar dan kadar air kering udara berturut-turut sebesar 98,08% dan 17,91%. Kemudian untuk berat jenis segar, kering udara, dan kering tanur berturut-turut sebesar 0,36, 0,38 dan 0,40. Penyusutan dari kondisi segar sampai kering udara pada arah tangensial, radial, dan longitudinal berturut-turut sebesar 10%, 9% dan 5%. Penyusutan dari kondisi segar sampai kering tanur pada arah tangensial, radial, dan longitudinal berturut-turut sebesar 10%, 8% dan 5%. Pengembangan dari kondisi kering udara sampai basah pada arah tangensial, radial, dan longitudinal berturut-turut sebesar 8%, 7% dan 3%. Arah aksial berpengaruh nyata terhadap kadar air segar dan kadar air kering udara. Arah radial berpengaruh nyata terhadap kadar air segar dan penyusutan radial dari kondisi segar sampai kering tanur. Interaksi arah aksial dan arah radial tidak berpengaruh nyata terhadap sifat fisika kayu bangsal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: arah aksial, arah radial, sifat fisika, kayu bangsal
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:00
Last Modified: 10 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20888

Actions (login required)

View Item View Item