UJI DAYA TUMBUH DAN HASIL PRODUKSI TANAMAN STROBERI (Fragaria sp.) DENGAN BERBAGAI DOSIS PUPUK DAN KONSENTRASI HORMON PERTUMBUHAN TANAMAN DI DATARAN RENDAH

Nadya, Maharani (2021) UJI DAYA TUMBUH DAN HASIL PRODUKSI TANAMAN STROBERI (Fragaria sp.) DENGAN BERBAGAI DOSIS PUPUK DAN KONSENTRASI HORMON PERTUMBUHAN TANAMAN DI DATARAN RENDAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Nadya Maharani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk yang berbeda, pemberian hormon, serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman stroberi (Fragaria sp.) di dataran rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan Desember 2019 di Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dua faktor yaitu faktor pertama dosis pupuk Phonska P1 = 0,2 g/tanaman pada masa vegetatif, 3 g/tanaman pada masa generatif; P2 = 0,4 g/tanaman pada masa vegetatif, 6 g/tanaman pada masa generatif; P3 = 0,6 g/tanaman pada masa vegetatif, 9 g/tanaman pada masa generatif; P4 = 0,8 g/tanaman pada masa vegetatif, 12 g/tanaman pada masa generatif; faktor kedua pemberian hormon pertumbuhan tanaman 0 ml/l (A1), hormon pertumbuhan tanaman 1 ml/l (A2), hormon pertumbuhan tanaman 2 ml/l (A3), dan hormon pertumbuhan tanaman 3 ml/l (A4). Setiap faktor perlakuan terdiri atas empat taraf perlakuan sehingga diperoleh 16 kombinasi perlakuan. Setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga diperoleh 48 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman (analysis of variance). Berdasarkan hasil percobaan dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemberian dosis pupuk yang berbeda dan pemberian hormon pertumbuhan tanaman berpengaruh terhadap laju pertambahan jumlah daun, laju pertambahan panjang tangkai daun, umur berbunga, dan umur berbuah. Berdasarkan hasil percobaan, untuk menghasilkan pertumbuhan dan hasil tanaman stroberi terbaik di dataran rendah, disarankan menggunakan pupuk 9,6 gr/l dan pemberian hormon 2 ml/l.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : stroberi, dosis pupuk, hormon pertumbuhan tanaman.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:00
Last Modified: 10 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item View Item