PENGARUH LIMBAH PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI BERAS MERAH (Oryza sativa L.) PADA TEKNIK BUDIDAYA KONVENSIONAL DAN AEROBIK

Muhammad, Iqbal Atmayadi (2021) PENGARUH LIMBAH PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI BERAS MERAH (Oryza sativa L.) PADA TEKNIK BUDIDAYA KONVENSIONAL DAN AEROBIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M015129-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah padi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi beras merah pada teknik budidaya konvensional dan aerobik. Percobaan dilaksanakan bulan Maret sampai Juli 2019 di Desa Beleka, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Percobaan ini disusun menggunakan Rancangan Split Plot yang terdiri dari dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor teknik budidaya yang berdasar pada pemberian air sebagai petak utama terdiri atas dua aras yaitu teknik konvensional (T1) dan aerobik (T2), sedangkan faktor aplikasi limbah padi sebagai anak petak terdiri atas tiga aras yaitu tanpa limbah padi (L0), sekam padi (L1), dan abu sekam (L2). Data hasil percobaan dianalisa menggunakan analisis ragam pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang berpengaruh nyata diuji lanjut menggunakan uji Beda Nyata Jujur pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: Tidak terjadi interaksi antara faktor teknik budidaya tanaman padi dengan pengaplikasian limbah padi. Teknik budidaya berpengaruh terhadap tinggi tanaman 21 dan 42 hst, laju perumbuhan tinggi tanaman, jumlah anakan 42 hst, laju pertumbuhan jumlah anakan, jumlah daun 42 hst, jumlah malai per rumpun, jumlah gabah hampa serta berat malai per rumpun. Pengaplikasian limbah padi hanya berpengaruh pada laju pertumbuhan tinggi tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: teknik budiaya, konvensional, aerobik, limbah padi, padi beras merah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:00
Last Modified: 10 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20890

Actions (login required)

View Item View Item