POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MELALUI TRADISI PERKAWINAN SUKU BAJO DAN SUKU SAMAWA DI DESA PULAU BUNGIN KECAMATAN ALAS KABUPATEN SUMBAWA

Irga, Fahdiran (2021) POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MELALUI TRADISI PERKAWINAN SUKU BAJO DAN SUKU SAMAWA DI DESA PULAU BUNGIN KECAMATAN ALAS KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRGA FAHDIRAN ( L1B016037 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya di Desa Pulau Bungin Kecamatan Alas tidak terlepas dari namanya interaksi sosial dengan suku lain yang ada di sekitar Kecamatan Alas. Interaksi yang sering terjadi menimbulkan adanya perkawinan, seperti halnya yang terjadi antara masyarakat suku Bajo dan masyarakat suku Samawa yang melakukan perkawinan di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Antarbudaya Melalui Tradisi Perkawinan Suku Bajo dan Suku Samawa di Desa Pulau Bungin Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi antarbudaya melalui tradisi perkawinan yang dilakukan oleh masyarakat suku Bajo dengan suku Samawa di Desa Pulau Bungin Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik karya George Herbert Mead (1863-1931). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, validitasi data dengan cara menggunakan teknik triangulasi sumber, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: suku Bajo, suku Samawa, Pola Komunikasi, Perkawinan, Studi Kasus.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:01
Last Modified: 10 Feb 2021 05:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20894

Actions (login required)

View Item View Item