Eksistensi Pasar Tradisional di Tengah Maraknya Pasar Modern di Kota Mataram ( Studi Pada Pedagang Souvenir di Pasar Cakranegara)

Hidayat, Lalu Rahmat (2020) Eksistensi Pasar Tradisional di Tengah Maraknya Pasar Modern di Kota Mataram ( Studi Pada Pedagang Souvenir di Pasar Cakranegara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi rahmat jilid 2222-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi pedagang souvenir yang ada di pasar tradisional Cakranegara Kota Mataram dan strategi yang dilakukan pedagang souvenir di Pasar Cakranegara dalam menajaga eksistensinya. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori modal sosial Fukuyama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Snowball sampling. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi serta di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi menurut Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa terancamnya eksistensi Pasar Cakranegara dapat dilihat dari kondisi pasar yang semakin sepi pembeli. Strategi yang digunakan pedagang pasar tradisional dalam menjaga eksistensinya ditengah munculnya pasar modern di Kota Mataram yaitu menjual barang dagangannya lebih murah dibandingkan pasar modern, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen serta pedagang membuat dan ikut serta dalam kelompok pedagang agar menjaga eksistensinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Eksistensi, pasar tradisional, modal sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:50
Last Modified: 10 Feb 2021 04:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20902

Actions (login required)

View Item View Item