PELUANG INDONESIA DALAM KERJA SAMA INDONESIA AUSTRALIA COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IA-CEPA) TAHUN 2016-2019

PATHUN, NAZMI (2021) PELUANG INDONESIA DALAM KERJA SAMA INDONESIA AUSTRALIA COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IA-CEPA) TAHUN 2016-2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PATHUN NAZMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan peluang Indonesia dalam kerja sama IA-CEPA tahun 2016-2019, stabilitas hubungan Indonesia-Australia merupakan faktor pendukung terjalinnya kerja sama bilateral dalam Indonesia- Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). IA- CEPA merupakan kerja sama kemitraan komprehensif antara Indonesia dan Australia dengan fokus terhadap pembangunan ekonomi kedua negara melaui efektifitas perdagangan,investasi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Perundingan kerja sama ini telah memakan waktu delapan tahun dikarenakan mengalami pemberhentian sementara pada pertengahan 2013-2015. Reaktivasi perundingan kerja sama IA-CEPA dilaksanakan tahun 2016 pada masa Joko Widodo dan di setujui pada Maret 2019. Penelitian ini menggunakan konsep kepentingan nasional dan konsep rational choice,dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat beberapa peluang yang didapatkan oleh Indonesia ketika menyetujui IA-CEPA seperti: pengurangan tarif masuk produk sampai 0%, akses pasar bagi produk Indonesia, kolaborasi produk dengan memanfaatkan kenggulan dari Indonesia dan Australia, peningkatan nilai dan sektor investasi, dan peningkatan bargaining power Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: IA-CEPA, Kepentingan Nasional, Peluang Indonesia, Rational Choice.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Feb 2021 01:16
Last Modified: 11 Feb 2021 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item View Item