KAJIAN PENGGUNAAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera Lam) DAN TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour) TERHADAP SIFAT KIMIA DAN ORGANOLEPTIK KUE BAULU

Sittil, Qatrunnada (2021) KAJIAN PENGGUNAAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera Lam) DAN TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour) TERHADAP SIFAT KIMIA DAN ORGANOLEPTIK KUE BAULU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITTIL QATRUNNADA (J1A014118).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kue baulu atau yang sering dikenal dengan nama bolu jadul merupakan salah satu kue tradisionalyang terkenal di lombok yang umumnya memiliki rasa manis, berwarna kuning keemasan, tekstur yang empuk pada bagian dalam dan agak kering pada bagian permukaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung MOCAF dan tepung daun kelor terhadap beberapa komponen mutu kue baulu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal dengan 5 perlakuan yaitu rasio tepung MOCAF dan tepung daun kelor : T0 (100%:0%), T1 (90%:10%), T2 (80%:20%), T3 (70%:30%), T4 (60%:40%) dan T5 (50%:50%). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf 5% menggunakan Software Co-Stat dan dilakukan uji lanjut menggunakan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5% jika terdapat perbedaan nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan rasio tepung MOCAF dan tepung daun kelor memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar serat kasar, kadar protein dan parameter sensoris (warna, aroma, rasa dan tekstur) pada kue baulu. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan T1 dengan rasio tepung MOCAF dan tepung daun kelor 90% : 10% yang memiliki kadar air 20,11%, abu 0,37%, serat kasar 1,52%, protein 7,23% dengan hasil uji organoleptik yang dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kue Baulu, MOCAF, Tepung Daun kelor
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:44
Last Modified: 11 Feb 2021 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item View Item