CERAI TALAK TERHADAP ISTRI DI PENGADILAN AGAMA MATARAM (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MATARAM NOMOR 0608/Pdt.G/2017/PA.Mtr.)

SAULAJAN, CAHYA FIRDAUS (2021) CERAI TALAK TERHADAP ISTRI DI PENGADILAN AGAMA MATARAM (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MATARAM NOMOR 0608/Pdt.G/2017/PA.Mtr.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

―Pada hakekatnya perkawinan itu sangat penting dalam kehidupan manusiadengan melalui perkawinan yang sah. Karena perkawinan merupakan suatu tujuan yang sangat diinginkan oleh Agama Islam dan melaksanakannya adalah ibadah. perkawinan merupakan suatu akad atau perjanjian yang mengandung maksud membolehkan (menghalkan) hubungan kelamin antara seorang pria dengan seorang wanita dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang di Ridhoi oleh Allah SWT. perceraian adalah penghapusan perkawinan dengan keputusan hakim atau tuntutan salah satu pihak selama perkawinan. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris yaitu dengan mengkaji putusan No 0608/Pdt.G/2017/PA.Mtr yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan permasalahan terhadap kasus perceraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa alasan putusnya perkawinan, adanya kperselisihan secara terus menerus. Dasar pertimbangan hukum yang dipakai oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Mataram terhadap Putusan Cerai Talak Perkara Nomor: 0608/Pdt.G/2017/PA.Mtr. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perkawinan, Perceraian, Talak.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:44
Last Modified: 11 Feb 2021 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20924

Actions (login required)

View Item View Item