KAJIAN YURIDIS PELANGGARAN OFFICIAL BROADCAST DI AREA KOMERSIL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

SLAMET, KHOIRI (2020) KAJIAN YURIDIS PELANGGARAN OFFICIAL BROADCAST DI AREA KOMERSIL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SLAMET KHOIRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaturan official broadcast dalam sistem hukum Hak cipta dan bentuk pelanggaran terhadap official broadcast di area komersil menurut Undang-Undang Hak Cipta. Penelitian ini menggunakan hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang- undangan, konseptual dan kasus. Adapun bahan hukum yang digunakan, yaitu bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan cara studi kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penafsiran hukum. Hasil penelitian ini, pengaturan official broadcast di atur dalam sistem hukum Hak cipta, pengaturan yang pertama yaitu dalam Pasal 40 ayat (1) huruf m Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, karena objek dari official broadcast yaitu konten karya siaran termasuk dalam karya sinematografi termasuk ciptaaan yang dilindungi. Bentuk pelanggaran official broadcast di area komersil yaitu pelanggaran secara tidak langsung hak ekonomi sebagaimana diatur dalam Pasal 9 ayat (1) huruf (a), huruf (b), huruf (e), dan huruf (g) untuk penggunaan komersial berdasarkan Pasal 9 ayat (3) tanpa izin pencipta atau pemegang Hak Cipta, kedua pelanggaran Hak Ekonomi secara eksklusif lembaga penyiaran berupa penyebaran tanpa izin dengan tujuan komersial berdasarkan Pasal 25 ayat (3) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta berupa kegiatan nonton bareng dan atau pendistribusian konten karya siaran event olahraga tertentu seperti pertandingan Sepakbola Piala Dunia, Moto Gp, MMA (Mixed Martial Art) dan lainnya di area komersil seperti hotel, restoran, kafe, mall, lahan parkir, dan tempat lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pelanggaran, official broadcast, area komersil
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:45
Last Modified: 11 Feb 2021 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item