FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM DALAM MENGHADAPI UJIAN KETERAMPILAN MEDIK

Anak, Agung Gede Pradnya Andika (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM DALAM MENGHADAPI UJIAN KETERAMPILAN MEDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi_Anak Agung Gede Pradnya Andika_H1A017008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

ar Belakang: Kecemasan ujian menjadi salah satu masalah kecemasan yang perlu diperhatikan pada mahasiswa kedokteran. Kecemasan ujian dapat berefek negatif pada mahasiswa seperti performa yang buruk, motivasi rendah, keyakinan evaluasi diri yang negatif, dan penurunan konsentrasi yang dapat berakibat pada peningkatan angka putus sekolah dan memicu kecemasan secara umum. Penelitian yang menilai korelasi antara faktor-faktor yang diduga menjadi sumber kecemasan dengan tingkat kecemasan ujian pada mahasiswa kedokteran masih sangat minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang berhubungan dengan kecemasan mahasiswa kedokteran dalam menghadapi ujian keterampilan medik. Metode: Penelitian ini adalah penelitian cross sectional pada mahasiswa kedokteran Universitas Mataram tingkat kedua dan keempat. Kuesioner Determinan Kecemasan Ujian digunakan dalam mengukur faktor-faktor determinan kecemasan ujian dan Performance Test Anxiety (PTA) inventory digunakan untuk mengukur kecemasan ujian dalam menghadapi ujian keterampilan medik. Data diambil setelah mahasiswa mengikuti Ujian Keterampilan Medik. Uji korelasi Pearson atau Spearman digunakan dalam analisis dataHasil: Total ada 185 mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Faktor yang berhubungan dengan skor kecemasan ujian yaitu faktor keyakinan internal mahasiswa, faktor kesehatan dan gaya hidup, faktor kurikulum, faktor dukungan sosial, faktor suasana belajar, dan faktor ujian. Faktor persiapan dan pengalaman mahasiswa dalam menghadapi ujian tidak berhubungan dengan skor kecemasan ujian. Kesimpulan: Penelitian ini mengidentifikasi faktor yang berhubungan dengan kecemasan mahasiswa kedokteran dalam menghadapi ujian keterampilan medik. Keyakinan internal mahasiswa didapatkan memiliki korelasi terkuat terhadap tingkat kecemasan ujian, sedangkan faktor ujian menunjukkan korelasi yang paling lemah. Temuan ini dapat memandu institusi pendidikan kedokteran dalam mengembangkan strategi dalam mengurangi kecemasan mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kecemasan ujian, faktor-faktor determinan kecemasan ujian, ujian keterampilan medik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:46
Last Modified: 11 Feb 2021 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20933

Actions (login required)

View Item View Item