ESTIMASI PARAMETER MODEL REGRESI DATA PANEL FIXED EFFECT INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

SAPURAH, SAPURAH (2018) ESTIMASI PARAMETER MODEL REGRESI DATA PANEL FIXED EFFECT INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAPURAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Manusia merupakan kekayaan bangsa yang sesungguhnya. Sudah sepantasnya apabila manusia menjadi tujuan utama dalam pembangunan. Kemudian United Nations Development Programme (UNDP) menggagasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai indikator dalam mengukur kemajuan pembangunan manusia. Indonesia turut mengambil bagian dalam mengaplikasikan penghitungan IPM. Peningkatan nilai IPM dari berbagai Provinsi yang ada di Indonesia terus dilakukan, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Peningkatan pembangunan manusia didasari oleh peningkatan seluruh dimensi dari IPM itu sendiri. Provinsi NTB terdiri atas 10 kabupaten/ kota. Dengan latar belakang geografi, sosial, ekonomi yang berbeda-beda, maka capaian IPM setiap wilayah akan bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah menentukan model pada IPM di Provinsi NTB tahun 2010-2017 menggunakan model fixed effect, yang digunakan untuk melihat pengaruh dimensi terhadap IPM dan menjelaskan adanya perbedaan intersep pada setiap kabupaten/ kota di NTB. Berdasarkan analisis data, diperoleh model fixed effect data panel pada IPM untuk setiap kabupaten/ kota di NTB tahun 2010-2017. Dari model IPM yang diperoleh, diketahui bahwa nilai koefisien slope konstan, namun intersep bervariasi sepanjang kabupaten/ kota. Nilai koefisien slope menunjukkan besarnya pengaruh umur harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran per kapita disesuaikan terhadap IPM setiap kabupaten/ kota.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Cross Section, Intersep, Least Square Dummy Variable, Slope, Time Series
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:46
Last Modified: 11 Feb 2021 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20936

Actions (login required)

View Item View Item