INTERPRETASI ANOMALI MEDAN MAGNET BUMI DENGAN KAJIAN INKLINASI DAN DEKLINASI PADA DAERAH PROSPEK PANAS BUMI SEMBALUN LAWANG DAN SEMBALUN TIMBA GADING

Khilda, Ayu Safitri (2021) INTERPRETASI ANOMALI MEDAN MAGNET BUMI DENGAN KAJIAN INKLINASI DAN DEKLINASI PADA DAERAH PROSPEK PANAS BUMI SEMBALUN LAWANG DAN SEMBALUN TIMBA GADING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PAPER_KHILDA AYU SAFITRI (F1B016041).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data penelitian pada tahun 2019. Pengambilan data penelitian tersebut dilakukan di lahan milik Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Kedua data di masing-masing daerah tersebut disatukan untuk mendapatkan peta gabungan dan diolah dengan menggunakan Software Oasis Montaj yang dapat melakukan interpolasi data serta menampilkan nilai anomali yang tersebar diantara kedua daerah tersebut. Interpertasi kualitatif dilakukan dengan menganalisis perbandingan pola anomali yang didapatkan dengan pengolahan data yang berbeda, yaitu data Stasiun Nurul Bayan dan data Observatorium Kakadu serta menganalisis perubahan sudut inklinasi dan deklinasi saat dilakukan filter reduksi ke kutub. Hasil interpretasi menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil pola anomali yang didapatkan pada daerah Sembalun Lawang dan Sembalun Timba Gading saat diolah dengan data Nurul Bayan dan data Observatorium Kakadu, perbedannya terletak pada posisi puncak maksimum anomali positif dengan jarak ± 250 meter. Selain itu, didapatkan nilai anomali hasil dari pengolahan dengan data Stasiun Nurul Bayan berkisar antara -135,2 nT hingga 456,0 nT, sedangkan nilai anomali yang didapatkan hasil dari pengolahan dengan data Observatorium Kakadu berkisar antara -194,2 nT hingga 400,2 nT.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Sembalun, Interpolasi, Anomali, Interpretasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:06
Last Modified: 11 Feb 2021 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item