EVALUASI DAMPAK PROYEK KOMUNITAS MASYARAKAT PESISIR (CCDP) IFAD TERHADAP EKONOMI NELAYAN DI KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Lalu, Wilmar Arman (2021) EVALUASI DAMPAK PROYEK KOMUNITAS MASYARAKAT PESISIR (CCDP) IFAD TERHADAP EKONOMI NELAYAN DI KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SEKRIPSI LALU WILMAR ARMAN DIJILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dampak proyek komunitas masyarakat pesisir (CCDP-IFAD) terhadap pendapatan nelayan di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. (2) Mengetahui dampak proyek komunitas masyarakat pesisir (CCDP-IFAD) terhadap penyerapan nelayan tenaga kerja di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. (3) Mengetahui dampak proyek komunitas masyarakat pesisir (CCDP-IFAD) terhadap tingkat kemiskinan rumah tangga nelayan di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. (4) Mengetahui masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan proyek komunitas masyarakat pesisir (CCDP-IFAD) di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung dengan responden yang berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lembar Desa Lembar dan Desa Lembar Selatan ditentukan secara pourposive sampling dan penentuan responden ditentukan secara quota sampling. Jenis data yang ada dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang besumber dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata Rp 19.338.600 per tahun sebelum mendapat bantuan dari proyek dan Rp 25.306.343 per tahun setelah proyek. Artinya bantuan Proyek CCDP-IFAD di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat berpengaruh nyata terhadap pendapatan nelayan. (2) Penyerapan tenaga kerja nelayan di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, yaitu rata-rata sebesar 290,24 HKO per tahunn sebelum mendapat bantuan dari proyek dan sebesar 510,43 HKO per tahun setelah proyek. Artinya bantuan Proyek CCDP-IFAD di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat berpengaruh nyata terhadap penyerapan tenaga kerja nelayan. (3) Tingkat kemiskinan rumah tangga nelayan di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, yaitu rata-rata nelayan sesudah menerima bantuan tergolong tidak miskin. Sebaliknya, tingkat kemiskinan rumah tangga nelayan sebelum menerima bantuan tergolong hampir miskin. (4) Masalah-masalah yang dihadapi oleh nelayan yaitu kurangnya pengawasan lapangan kepada kelompok nelayan penerima bantuan, peroses pencairan dana yang tidak lancar, sering munculnya perbedaan pendapat antara pemberi bantuan dengan kelompok nelayan penerima bantuan, pemberian bantuan yang tidak merata dan tidak adanya pembinaan lanjutan yang dilakukan dinas terkait.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Evaluasi Dampak Proyek CCDP-IFAD
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 01:51
Last Modified: 15 Feb 2021 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20944

Actions (login required)

View Item View Item