PEMANFAATAN SARI BUAH ANGGUR UNGU(Vitis vinifera ) SEBAGAI SUPLEMEN PENGENCER TRIS KUNING TELUR UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMA KAMBING BOER PADA PENYIMPANAN5°C

YUYUN, ANGGRIANI (2021) PEMANFAATAN SARI BUAH ANGGUR UNGU(Vitis vinifera ) SEBAGAI SUPLEMEN PENGENCER TRIS KUNING TELUR UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMA KAMBING BOER PADA PENYIMPANAN5°C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUYUN ANGGRIANI (B1D016319).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan konsentrasi terbaik dari sari buah anggur ungu (Vitis vinifera) sebagai bahan pengencer semen dalam mempertahankan kualitas spermatozoa kambing Boer yang disimpan pada suhu 5ºC. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pusat Biosains dan Bioteknologi Fakultas MIPA Universitas Mataram. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah semen kambing Boer berumur 2 tahun yang ditampung dengan menggunakan vagina buatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratorik dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 kali ulangan. Semen diencerkan dengan pengencer tris kuning telur ayam yang ditambahkan sari buah anggur ungu (Vitis vinifera) dengan konsentrasi 0% (kontrol), 6%, 8% dan 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari buah anggur ungu (Vitis vinifera) berpengaruh nyata terhadap progresif motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa. Penambahan sari buah anggur ungu (Vitis vinifera) 8% lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol, penambahan sari buah anggur ungu (Vitis vinifera) 6%, dan 10% dengan rataan motilitas 52,50±15,00%, viabilitas 93,75±3,77%, dan abnormalitas 5,00±1,15%. Disimpulkan bahwa penambahan sari buah anggur ungu (Vitis vinifera) dengan konsentrasi terbaik 8% sebagai sumber antioksidan pada pengencer tris kuning telur ayam mampu mempertahankan kualitas spermatozoa kambing Boer pada penyimpanan suhu 5ºC selama 7 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:Abnormalitas, Motilitas, Viabilitas, Antioksidan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 01:51
Last Modified: 15 Feb 2021 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20947

Actions (login required)

View Item View Item