PENGARUH METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPS KELAS IV DI SDN 4 KOPANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Galang, Ilham Apenda (2021) PENGARUH METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPS KELAS IV DI SDN 4 KOPANG TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _GALANG ILHAM APENDA (E1E016044) pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada muatan IPS kelas IV di SDN 4 Kopang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre- Experimental Design type one group pretest-posttet Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah 45 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dengan jumlah sampel 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan jenispaired sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) hasil belajar IPS peserta didik bernilai sama yaitu 0,000 pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah N=25. Nilai sig.(2-tailed) tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN 4 Kopang Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Resource Based Learning (RBL) ,Hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:07
Last Modified: 15 Feb 2021 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20951

Actions (login required)

View Item View Item