GAMBARAN HISTOPATOLOGI ORGAN OTAK, MATA, HATI DAN LIMPA IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus) TERDUGA VNN (Viral Nervous Necrosis) DI DUSUN PENYAMBUAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

Agustina, Rahmawanti (2020) GAMBARAN HISTOPATOLOGI ORGAN OTAK, MATA, HATI DAN LIMPA IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus) TERDUGA VNN (Viral Nervous Necrosis) DI DUSUN PENYAMBUAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Agustina Rahmawanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kerapu cantang merupakan salah satu komoditas unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki nilai jual yang tinggi yaitu berkisar Rp.65.000- 70.000/kg. Kerapu cantang (Epinephelus fuscoguttatus) memiliki penyebaran yang luas salah satunya terdapat di Dusun Penyambuan Desa Jenggala Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Ikan kerapu cantang dipilih menjadi komoditas budidaya di dusun penyambuan karena harga jual dan permintaan konsumen yang tinggi serta relatif rentan terkena penyakit. Walaupun ikan kerapu cantang relatif rentan terkena penyakit, tetap saja serangan penyakit masih menjadi hal yang ditakutkan oleh pembudidaya. Penyakit yang sering menyerang ikan kerapu cantang adalah VNN (Viral Nervous Necrosis). Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi VNN adalah metode histopatologi. Metode histopatologi merupakan prosedur pembuatan irisan jaringan untuk penentuan keberadaan (lokasi) antigen (protein target) dalam jaringan menggunakan reaksi antigen-antibodi yang diawali dengan prosedur histotenik sehingga pada metode histopatologi pengamat atau peneliti penyakit dapat melihat virulensi virus dimana pada metode lain seperti Real-time PCR tidak dapat melihat hal tersebut. Virulensi merupakan tingkat keganasan virus untuk menyebabkan penyakit. Selain itu, dengan metode histopatologi dapat diketahui kemungkinan penyebab infeksi, klasifikasi penyakit berdasarkan waktu dan distribusi penyakit pada jaringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kasus dugaan dan tingkat infeksi virus VNN (Viral Nervous Necrosis) pada ikan kerapu cantang (Epinephelus fuscoguttatus) yang dibudidayakan di Dusun Penyambuan, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara dengan menggunakan metode histopatologi. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Agustus-September 2020. Pengambilan sampel dilakukan di KJA Dusun Penyambuan dan analisis molekuler dilakukan di laboratorium kesehatan dan lingkungan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Lombok. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menjelaskan hasil yang diperoleh dari uji histopatologi terhadap 3 sampel yang diambil dengan melihat ada atau tidaknya nekrosis pada organ mata dan otak sampel uji. Hasil pengamatan dengan menggunakan mikroskop pada sampel uji setelah proses histopatologi menunjukkan bahwa sampel ke dua (S2) ikan kerapu cantang dari KJA dusun penyambuan diduga positif terinfeksi VNN terlihat dari adanya nekrosis berupa vakuola pada organ otak dan mata dalam tingkat infeksi kronis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kerapu Cantang (Epinephelus fuscoguttatus), VNN, Histopatologi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:13
Last Modified: 15 Feb 2021 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20954

Actions (login required)

View Item View Item