RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMETAAN WISATA TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) NURAKSA DENGAN MODEL ARSITEKTUR MICROSERVICES

HABIBURRAHMAN, HABIBURRAHMAN (2021) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMETAAN WISATA TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) NURAKSA DENGAN MODEL ARSITEKTUR MICROSERVICES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan_TA2_Habiburrahman(F1D016034)print3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Taman Hutan Raya (TAHURA) Nuraksa merupakan satu-satunya Kawasan Konservasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati sebagai ajang rekreasi. Namun belum banyak wisatawan yang mengetahui adanya berbagai wisata yang ada pada TAHURA Nuraksa ini. Sehingga perlu adanya sebuah sistem informasi geografis yang memberikan informasi terkait wisata-wisata yang ada pada TAHURA Nuraksa. Sistem ini dibangun berupa aplikasi web dan android. Sistem ini dirancang agar dapat dikembangkan secara berkelanjutan dan cepat dalam menanggapi adanya perubahan dari permintaan user sehingga arsitektur yang dipakai yaitu arsitektur microservice dan metode pengembangan yang digunakan yaitu extreme programming. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black box berbasis equivalence partition guna mengetahui input data pada form yang ada pada sistem ini berjalan sesuai dengan fungsinya dan metode Mean Opinion Score (MOS) guna mengukur kinerja maupun kualitas dari sistem berdasarkan pandangan dari admin/pamhut didapatkan hasil 43.3% sangat setuju, kemudian 46.7% setuju, serta 10% cukup dan pandangan dari wisatawan 28% sangat setuju, kemudian 59.3% setuju, 11.3% cukup, 0.7% kurang setuju dan 0.7% tidak setuju. Hasil dari implementasi microservice untuk sistem ini cocok digunakan karena telah scalable, adaptable, deployable, dan maintainable. Namun tidak cocok jika penerapan arsitektur microservice dikerjakan sendiri, karena banyak service yang dikerjakan dan di konfigurasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, Taman Hutan Raya Nuraksa, Arsitektur Microservices, Extreme Programming, Equivalence Partition, Mean Opinion Score.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:00
Last Modified: 15 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20955

Actions (login required)

View Item View Item