PEMANFAATAN NIRA BATANG SORGUM SEBAGAI BIOETANOL DENGAN VARIASI RAGI PADA PROSES FERMENTASI

RENALDI, RENALDI (2021) PEMANFAATAN NIRA BATANG SORGUM SEBAGAI BIOETANOL DENGAN VARIASI RAGI PADA PROSES FERMENTASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Pemanfaatan Nira Batang Sorgum Sebagai Bioetanol Dengan Variasi Ragi PAda Proses Fermentasi_F1C01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesadaran untuk mengantisipasi terjadinya krisis bahan bakar minyak bumi (BBM) pada masa yang akan datang telah dilakukan berbagai riset terutama tentang bahan bakar nabati (BBN) yaitu biodiesel dan bioetanol. Bioetanol merupakan bahan bakar yang terbarukan dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Saat ini telah dikembangkan pemanfaatan etanol sebagai bahan bakar alternatif. Bahan baku etanol bisa dari tebu, ubi kayu, garut, jagung, sorgum, jerami, bonggol jagung dan kayu. Bahan baku pembuatan etanol terdiri dari bahan-bahan yang mengandung karbohidrat, glukosa dan selulosa. Penelitian ini menggunakan sorgum sebagai bahan baku dengan variasi ragi tape, ragi fermipan dan ragi turbo yeast yang merupakan variabel bebas pada penelitian ini. Dengan variabel terikat : volume bioetanol, kadar bioetanol, nilai kalor, spesific gravity, dan flash and fire point. Dalam penelitian ini variasi ragi yang digunakan adalah ragi tape, ragi fermipan dan ragi turbo yeast, dengan massa ragi 10gr/l dan massa NPK 0,6 gr/l dan urea 0,5 gr/l. Pembuatan bioetanol dengan nira sorgum ini dilakukan dengan proses fermentasi selama 3 hari dengan volume tiap sampel adalah 3 liter dan proses distilasi menggunakan alat distilasi vakum. Dari hasil penelitian ini didapatkan kadar alkohol tertinggi dari variasi ragi tape yaitu 48,54 % dan yang terendah adalah dari variasi rafi turbo yeast yaitu 35%, volume bioetanol murni tertinggi sebesar 218 ml pada variasi ragi turbo yeast dan yang terendah sebesar 180 ml pada variasi ragi tape, specific gravity tertinggi sebesar 0,9456 pada variasi ragi turbo yeast dan terendah 0,9209 pada variasi ragi tape, nilai kalor tertinggi sebesar 12.091,76 J/gram pada variasi ragi tape dan yang terendah sebesar 11.062,49 J/gram pada variasi ragi turbo yeast dan nilai flash and fire point tertinggi sebesar 34 °c pada variasi ragi turbo yeast dan yang terendah sebesar 33 °c pada variasi ragi tape.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sorgum; variasi ragi fermentasi; kadar alkohol; specivic gravity; nilai kalor; flash and fire point
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:00
Last Modified: 15 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20956

Actions (login required)

View Item View Item