PENGARUH VARIASI JUMLAH LUBANG KELUAR TERHADAP UNJUK KERJA TURBIN TESLA

BENI, AZHARI (2021) PENGARUH VARIASI JUMLAH LUBANG KELUAR TERHADAP UNJUK KERJA TURBIN TESLA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Beni Azhari F1C113011 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada era industry 4.0 saat ini kehidupan manusia ditunjang oleh berbagai macam teknologi. Kebutuhan akan teknologi yang semakin tinggi ini kemudian sejalan dengan tingginya kebutuhan energi yang tak terbarukan. Dewasa ini berbagai belahan dunia termaksud indonesia tengah menggalakan aktivitas pencarian dan pengolahan energi altenatif untuk menggantikan energi tak terbarukan, seperti energi potensial pada air dan untuk merubah potensi energi air di perlukan Turbin, salah satunya adalah Turbin Tesla. Penelitian ini menggunakan metode aksperimental dan studi literatur. Adapun variasi jumlah lubang keluar yang digunakan yaitu, 4 lubang, 6 lubang dan 8 lubang keluar dengan diameter 15 mm, jumlah disk yaitu 3 disk, diameter disk yang digunakan adalah 120 mm dengan tebang 2 mm dan head yang digunakan yaitu 5,2 m. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi jumlah lubang keluar terhadap unjuk kerja Turbin Tesla terhadap putaran (n), Daya turbin (PT), Torsi (T) dan efisiensi Turbin Tesla (η Turbin) yang dihasilkan oleh turbin tesla. Hasil yang dicapai menunjukan bahwa dengan memvariasikan jumlah lubang keluar terhadap unjuk kerja Turbi Tesla, maksimum dihasilkan pada jumlah lubang keluar 6 dengan diameter lubang 15 mm dengan putaran 521,6 rpm, PT = 2,670 watt, Torsi = 0,088 N.m dan η Turbin = 3,755 % .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : turbin tesla, variasi jumlah lubang keluar, Torsi, Daya, Efisiensi, Putaran, Turbin.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:01
Last Modified: 15 Feb 2021 05:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20959

Actions (login required)

View Item View Item