KOMBINASI TEPUNG LABU KUNING (Cucurbita moschata D.) dan TEPUNG WORTEL (Daucus carota L.) TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN KOI (Cyprinus carpio)

Riswan Maulana, M. (2021) KOMBINASI TEPUNG LABU KUNING (Cucurbita moschata D.) dan TEPUNG WORTEL (Daucus carota L.) TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN KOI (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
M. Riswan Terbaru bet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan hias merupakan salah satu komoditi perikanan yang memiliki peluang untuk dikembangkan. Ikan koi (Cyprinus carpio) adalah ikan hias air tawar yang digemari masyarakat saat ini. Daya tarik ikan koi dapat diukur dari warna yang cemerlang, bentuk dan kelengkapan fisik, perilaku, serta kondisi kesehatan atau staminanya. Banyaknya permintaan ikan koi harus diikuti dengan kegiatan budidaya sehingga dapat memenuhi kebutuhan secara kualitas dan kuantitas. Usaha yang dilakukan untuk membantu kegiatan budidaya agar mendapatkan ikan koi yang memiliki kualitas baik harus ditunjang dengan penyediaan pakan yang berkualitas dan berprotein tinggi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pola Rancanagan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 15 unit percobaan, masing-masing unit percobaan berisi 10 ekor ikan koi, dan terdapat 5 perlakuan; P0 100% Pelet, P1 mengandung 90% Pelet + Tepung LK 3% + TW 7%, P2 mengandung 90% Pelet + Tepung LK 4% + Tepung W 6%, P3 mengandung 90% Pelet + Tepung LK 5% + Tepung W 5%, P4 mengandung 90% Pelet + Tepung LK 6% + Tepung W 4%. Berdasarkan hasil analisis sidik ragam (ANOVA) menunjukkan bahwa peningkatan kualitas warna pada perlakuan kombinasi tepung labu kuning dengan wortel menunjukkan hasil yang berbeda nyata antar perlakuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kualitas warna, ikan koi Cyprinus carpio.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:01
Last Modified: 15 Feb 2021 05:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item