PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PEKERJA/BURUH DI PERUSAHAAN YANG TELAH DINYATAKAN PAILIT ( Studi Di Pt Asuransi Bumiputera )

DESSY, PERMATASARI (2020) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PEKERJA/BURUH DI PERUSAHAAN YANG TELAH DINYATAKAN PAILIT ( Studi Di Pt Asuransi Bumiputera ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Perlindungan hukum bagi para pekerja/buruh di perusahaan yang telah dinyatakan pailit. Untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum pengusaha di perusahaan yang pailit dan faktor yang mempengaruhi perusahaan pailit. Jenis penelitian ini adalah penelitianempiris. Hasil penelitian ini Perlindungan hukum terhadap Pekerja/buruh di perusahaan yang dinyatakan pailit berpedoman pada pasal 95 ayat (4) UU Ketenagakerjaan, bunyi pasal tersebut gaji dan hak-hak lainya adalah hutang yang didahulukan pembayarannya atau pekerja memiliki hak privilege danberhak untuk mendapatkan imbalan. Adapun hasil penelitian tentang bentuk Tanggung jawab yang di berikan PT bumiputera yang telah dinyatakan pailit yaitu memprioritaskan pembayaran upah pokok yang belum dibayarkan kepada karyawan nya karna berdasarkan urutan pelunasan perusahaan yang dinyatakan pailit harus mengutamakan pembayaran upah karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Asuransi, Privilege, Ketenagakerjaan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:01
Last Modified: 15 Feb 2021 05:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item View Item