KAJIAN PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR SOSIAL EKONOMI WILAYAH (PISEW) UNTUK JALAN LINGKUNGAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Z A I N U D I N, Z A I N U D I N (2021) KAJIAN PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR SOSIAL EKONOMI WILAYAH (PISEW) UNTUK JALAN LINGKUNGAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Other (tesis)
tesis zainudin (I2I018024).rar
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di daerah perkotaan maupun pedesaan dapat dilihat dari tingkat pelayanan sarana dan prasarana yang masih terbatas dan belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Kondisi jalan lingkungan yang belum memadai terjadi karena minimnya usulan masyarakat yang diakomodir oleh pemerintah daerah dalam program PISEW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), kesempatan (Opportunity), ancaman (Threat) dalam program PISEW dan untuk mengetahui strategi serta konsep-konsep yang bisa diterapkan untuk menunjang keberhasilan program PISEW pada jalan lingkungan di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari survei dan kajian di instansi pelaksana program PISEW serta data primer dari kuesioner dan observasi lapangan. Data yang diproleh dianalisis menggunakan analisis uji kecukupan data dan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi dan konsep pada pelaksanaan program PISEW untuk jalan lingkungan di Kabupaten Lombok Timur. Berdasarkan hasil pembobotan untuk faktor internal, diperoleh nilai kekuatan sebesar 2,48 sedangkan nilai akhir untuk kelemahan sebesar 1,26. Hasil pembobotan untuk faktor eksternal diperoleh nilai peluang sebesar 2,39 dan nilai akhir untuk ancaman sebesar 1,29. Untuk analisis grand strategy, pada sumbu X diperoleh nilai 1,22 dan pada sumbu Y diperoleh nilai 1,10. Koordinat ini berada pada kuadran I, mengandung arti strateginya progresif (positif – positif). Posisi ini mengindikasikan pemerintah dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi. Strategi pemerintah adalah meningkatkan fasilitas infrastruktur jalan lingkungan di semua wilayah-wilayah yang belum tersentuh untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat serta pertumbuhan berbagai industri di sekitar wilayah tersebut, meningkatkan pengawasan terhadap kualitas pekerjaan di lapangan dan meningkatkan partisipasi bersama masyarakat dalam penyerapan aspirasi untuk peningkatan kualitas perencanaan program.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Program PISEW, infrastruktur, analisis SWOT.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:01
Last Modified: 15 Feb 2021 05:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20964

Actions (login required)

View Item View Item