PENAMBAHAN SARI MELON (Cucumis melo) DALAM PENGENCERAN TRIS KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU 50 C

SANDI, PURNAMASARI (2021) PENAMBAHAN SARI MELON (Cucumis melo) DALAM PENGENCERAN TRIS KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU 50 C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu pada tanggal 25 Juni sampai 25 Agustus di tahun 2020. Penelitian dilakukan di Laboratorium Imunobiologi Fakultas MIPA Universitas Mataram. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan sari melon dalam pengencer tris kuning telur dalam mempertahankan kualitas spermatozoa kambing kacang dan mengetahui konsentrasi sari melon terbaik di dalam pengencer tris kuning telur dalam mempertahankan kualitas spermatozoa kambing kacang yang disimpan pada 50 C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental laboratorium menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan enam kali ulangan. Materi yang digunakan adalah semen kambing kacang berumur 2 tahun dengan penambahan sari melon sebanyak 2%; 4%; dan 6%. Variabel yang diamati yaitu motilitas progresif, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varian’s (ANOVA), hasil yang berbeda nyata diuji lanjut dengan uji Duncan’s pada programn spss 16. Hasil penelitian menunjukan, bahwa spermatozoa kambing kacang dengan konsentrasi terbaik adalah P3 (6%) dengan motilitas progresif 56±13,57%, viabilitas 75±1,21% dan abnormalitas 9,17±0,75% pada penyimpanan suhu 50 C.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : kambing kacang, sari melon, kuning telur, tris dan penyimpanan suhu 50 C
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:02
Last Modified: 15 Feb 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item View Item