PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK DOREMI MATARAM

Silvia, Ulfathurrahmi (2021) PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK DOREMI MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS SILVIA ULFATHURRAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran komite sekolah terhadap kepemimpinan kepala sekolah di TK DOREMI Mataram yang meliputi: 1) pemberi pertimbangan (advisory agency); 2) pendukung (supporting agency); 3) pengontrol (controlling agency); dan 4) mediator (mediator agency). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang datanya dapat di deskripsikan sesuai dengan situasi atau imformasi yang didapat. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tehnik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang merujuk kepada Kemendiknas No.044/U/2002 tentang peran komite sekolah menunjukkan bahwa komite sekolah menjalankan perannya dengan baik, hal tersebut terlihat dari peran komite sekolah terhadap kepemimpinan kepala sekolah, dukungan yang diberikan yaitu ikut dalam menentukan kebijakan dan program pendidikan, anggaran, fasilitas sekolah, dan mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat sekolah dalam penyelenggaraan kegiatan sekolah seperti: kids performance day, family day, outing class, sport day, GERNAS BAKU, dan pentas seni di akhir semester genap. Keterlibatan komite sekolah dengan memberikan masukan atau saran pada rapat rutin sekolah terkait dengan perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan pengadaan dana.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran Komite Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:02
Last Modified: 15 Feb 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20972

Actions (login required)

View Item View Item