PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura) TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

Shurathil, Uyun (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura) TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Shurathil Uyun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Permasalahan utama yang sering dihadapi dalam budidaya udang vaname yaitu terkait hama dan penyakit. Adanya serangan penyakit pada udang dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan udang vaname. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah pemberian feed additive. Feed additive ditujukan untuk memacu pertumbuhan, meningkatkan sistem imun serta meningkatkan proses metabolisme. Feed additive dapat berasal dari bahan alami seperti daun kersen (Muntingia calabura). Daun kersen mengandung flavonoid, tannin, saponin, triterpene dan polifenol yang merupakan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun kersen terhadap pertumbuhan udang vaname. Sebanyak 20 ekor udang vaname yang berada pada fase PL-20 yang berukuran ±0,1g/ekor dipelihara dalam kontainer yang berukuran 40 liter. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu P1: pemberian pakan tanpa penambahan ekstrak daun kersen (kontrol), P2: pemberian pakan dengan penambahan ekstrak daun kersen 1%, P3: pemberian pakan dengan penambahan ekstrak daun kersen 2% dan P4: pemberian pakan dengan penambahan ekstrak daun kersen 3%. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji ANNOVA dengan taraf kepercayaan 95% dan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan ekstrak daun kersen. dapat mempengaruhi pertumbuhan udang vaname (Litopenaeus vannamei), namun tidak berpengaruh, terhadap nilai FCR dan tingkat kelangsungan hidupnya. Penambahan ekstrak daun kersen sampai dengan konsentrasi 3% dapat meningkatkan pertumbuhan berat dan panjang mutlak serta laju pertumbuhan spesifik udang vaname yang lebih baik jika dibandingkan perlakuan tanpa penambahan ekstrak daun kersen. Oleh karena itu ekstrak daun kersen mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai feed additive

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ekstrak daun kersen, pertumbuhan, udang vaname
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:02
Last Modified: 15 Feb 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20975

Actions (login required)

View Item View Item