ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM SURAT KABAR DARING TABULANEWS.ID

Lalu, Firman Antalmudawi (2020) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM SURAT KABAR DARING TABULANEWS.ID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Firman Antalmudawi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji analisis kesalahan berbahasa dalam surat kabar daring Tabulanews.id pada rubrik berita politik, hukum, dan sosial-budaya edisi Maret 2020. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan huruf pada surat kabar daring Tabulanews.id dalam rubrik berita politik, hukum, dan sosial-budaya edisi Maret 2020, (2) untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan kata pada surat kabar daring Tabulanews.id dalam rubrik berita politik, hukum, dan sosial-budaya edisi Maret 2020, dan (3) untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan pemakaian tanda baca pada surat kabar daring Tabulanews.id dalam rubrik berita politik, hukum, dan sosial-budaya edisi Maret 2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode simak dengan teknik catat. Metode penganalisisan data menggunakan metode padan intralingual dengan teknik hubung banding membedakan (HBB) dan teknik hubung banding menyamakan (HBS), selanjutnya hasil analisis akan disajikan menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk analisis kesalahan berbahasa dalam surat kabar daring Tabulanews.id pada rubrik berita politik, hukum, dan sosial-budaya edisi Maret 2020 meliputi (1) bentuk kesalahan penulisan huruf terdiri atas bentuk kesalahan penulisan huruf kapital dan bentuk kesalahan penulisan huruf miring, (2) bentuk kesalahan penulisan kata terdiri atas bentuk kesalahan penulisan kata depan, bentuk kesalahan penulisan gabungan kata, bentuk kesalahan penulisan singkatan dan akronim, bentuk kesalahan penulisan kata turunan, dan bentuk kesalahan penulisan bentuk ulang kata, dan (3) bentuk kesalahan pemakaian tanda baca terdiri atas bentuk kesalahan pemakaian tanda titik, bentuk kesalahan pemakaian tanda koma, bentuk kesalahan pemakaian tanda hubung, dan bentuk kesalahan pemakaian tanda titik dua.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis Kesalahan Berbahasa, Kesalahan Penulisan Huruf, Kesalahan Penulisan Kata, Kesalahan Pemakaian Tanda Baca, Surat Kabar Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:00
Last Modified: 16 Feb 2021 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20978

Actions (login required)

View Item View Item