PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK TALK WRITE TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BERBASIS OUTCAME BASED EDUCATION (OBE) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ONLINE TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2020/2021

JUHAERI’AH, JUHAERI’AH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK TALK WRITE TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BERBASIS OUTCAME BASED EDUCATION (OBE) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ONLINE TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _JUHAERIAH_E1A016030 OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan antara nilai rata-rata pretest dan postest kemampuan literasi sains dan berpikir kritis dengan menerapkan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education melalui penggunaan media online peserta didik di SMA Negeri 1 Labuapi; (2) apakah penerapan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education melalui penggunaan media online efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA (26 orang). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Data dianalisis dengan menggunakan Uji t (paired sample t test) dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan rata-rata pretest dan postest literasi sains dan berpikir kritis dengan perolehan rata-rata pretest sebesar 31,85 dan posttest sebesar 72,65 pada literasi sains dan rata-rata pretest sebesar 31,84 dan posttest sebesar 69,11 pada berpikir kritis. Hasil perhitungan uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima; (2) penerapan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education melalui penggunaan media online cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Labuapi. Hal ini dibuktikan dari perolehan rata-rata skor N-gain literasi sains sebesar 60,6% dan berpikir kritis sebesar 52,0% termasuk dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Think Talk Write, Berpikir Kritis, Literasi Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:29
Last Modified: 16 Feb 2021 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20981

Actions (login required)

View Item View Item