ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DAN KONJUNGSI DALAM PENULISAN NASKAH PIDATO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PARADO KABUPATEN BIMA

FIRMANSYAH, FIRMANSYAH (2020) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DAN KONJUNGSI DALAM PENULISAN NASKAH PIDATO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PARADO KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Kesalahan Penggunaan Preposisi dan Konjungsi dalam Penulisan Naskah Pidato Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Parado Kabupaten Bima ini memiliki pokok yang telah dirumuskan menjadi dua bagian yaitu: (1) Bagaimanakah kesalahan penggunaan preposisi dalam penulisan naskah pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parado Kabupaten Bima? (2) Bagaimanakah kesalahan penggunaan konjungsi dalam penulisan naskah pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parado Kabupaten Bima? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan preposisi dan konjungsi dalam penulisan naskah pidato pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parado Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik catat. Data dalam penelitian ini yaitu semua konstruksi yang mengandung kesalahan penggunaan preposisi dan konjungsi dalam penulisan naskah pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parado. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu membaca intensif teks naskah pidato siswa, menentukan kesalahan penggunaan preposisi dan konjungsi dalam naskah pidato sisiwa yang menjadi objek penelitian, menggolongkan kesalahan dalam dua bagian yaitu kesalahan penggunaan preposisi dan kesalahan penggunaan konjungsi, mendeskripsikan kesalahan penggunaan preposisi dan konjungsi, dan memberikan alternatif perbaikan terhadap kesalahan penggunaan preposisi dan konjungsi. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu metode formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa melakukan kesalahan penggunaan preposisi untuk, di, dari, pada, beserta, dan dibanding berdasarkan fungsi penggunaan dan cara penulisannya. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa siswa melakukan kesalahan penggunaan konjungsi dan, tapi, namun, dengan, karena, maka, dan akan tetapi berdasarkan fungsi penggunaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Preposisi, Konjungsi, Naskah Pidato.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:29
Last Modified: 16 Feb 2021 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20984

Actions (login required)

View Item View Item