RANCANG BANGUN SMART TRASH CAN BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) UNTUK PETUGAS SAMPAH PERUMAHAN

Ardian Saputra, Muh. (2021) RANCANG BANGUN SMART TRASH CAN BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) UNTUK PETUGAS SAMPAH PERUMAHAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1D015050_Laporan Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sampah merupakan hasil buangan/output dari segala aktivitas manusia. Setiap hari manusia menghasilkan sampah, baik sampah organik maupun anorganik yang memiliki berbagai bentuk dan jenis. Tidak heran permasalahan tersebut juga banyak ditemukan di lingkungan Perumahan. Salah satu perumahan yang ada di Kota Mataram adalah perumahan Babakan Permai yang terletak di kelurahan Babakan, kecamatan Sandubaya, Kota Mataram. Penanganan masalah sampah di Perumahan Babakan Permai ditangani dengan cara penjadwalan untuk pengambilan sampah pada masing-masing rumah. Sampah di ambil setiap 2 kali seminggu oleh petugas sampah perumahan. Hal ini memiliki kekurangan yaitu potensi penumpukan sampah pada tiap rumah meningkat. Penumpukan sampah sangat mengganggu warga di lingkungan sekitar baik dari segi kebersihan maupun kesehatan Dengan demikian, permasalahan tersebut dapat di atasi dengan membuat alat Smart Trash Can yang dapat mempermudah petugas sampah di perumahan. Tugas akhir ini berupa prototype tempat sampah pintar yang dapat memonitoring tempat sampah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan konsep IoT (Internet of Things) yang memanfaatkan internet. Protokol yang digunakan dalam IoT adalah MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) yang bersifat lightweight message dan didesain untuk perangkat-perangkat dengan sumber daya terbatas. Dengan konsep IoT, monitoring tempat sampah dilakukan dengan menggunakan beberapa sensor seperti penggunaan sensor berat (load cell) sebagai deteksi berat sampah, modul HX711 sebagai konversi nilai berat load cell dan sensor magnetic switch untuk mengetahui bukaan/tutupan tempah sampah yang di rangkai dengan mikrokontroler.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Internet of Things, IoT, Load Cell, Sensor Magnetic Switch, Smart Trash Can, Perumahan , WeMos, Mikrokontroler, MQTT.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:07
Last Modified: 16 Feb 2021 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20997

Actions (login required)

View Item View Item