PENAMBAHAN REFLEKTOR TIPE DATAR PADA SISI TIMUR DAN BARAT TERHADAP UNJUK KERJA SOLAR CELL DENGAN VARIASI SUDUT KEMIRINGAN

FARIZAL, FAHMY (2020) PENAMBAHAN REFLEKTOR TIPE DATAR PADA SISI TIMUR DAN BARAT TERHADAP UNJUK KERJA SOLAR CELL DENGAN VARIASI SUDUT KEMIRINGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA Farizal Fahmy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Energi terbarukan menjadi solusi pemanfaatan energi alternatif untuk menghindari peningkatan polusi dan diharapkan dapat membantu ketersediaan pasokan energi, serta memenuhi kebutuhan energi nasional. Indonesia mendapatkan sinar matahari di sepanjang tahunnya, karena merupakan negara tropis yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Dengan kondisi geografis ini, dapat memanfaatkan energi surya sebagai sumber energi listrik alternatif yang ramah lingkungan. Modul solar cell merupakan alat yang digunakan untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Teknologi yang berfungsi untuk mengubah radiasi matahari menjadi energi listrik secara langsung itu disebut sebagai photovoltaic. Penelitian dilakukan di Dusun Karang Kerakas, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara pada tanggal 15 sampai 26 September 2020 selama 3 hari tanpa reflektor dan 9 hari menggunakan reflektor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unjuk kerja yang dihasilkan modul solar cell, tanpa penambahan reflektor dan menggunakan reflektor tipe datar terhadap daya output dan efisiensi sesaat modul. Penelitian menggunakan 6 buah modul solar cell yang di pasang secara seri dan paralel dengan kapasitas daya maksimum masing-masing modul sebesar 265 WP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan reflektor tipe datar pada sisi timur dan barat tidak berpengaruh terhadap unjuk kerja dari modul solar cell. Karena posisi reflektor memberikan dampak bayangan di modul surya pada jam-jam tertentu, sehingga dapat mengurangi daya output solar cell. Unjuk kerja modul solar cell tanpa penambahan reflektor tipe datar menghasilkan titik daya maksimum (PMPP) tertinggi sebesar 991 WP, serta nilai efisiensi sesaat (η) sebesar 12,7%. Sedangkan unjuk kerja modul solar cell dengan penambahan reflektor tipe datar menghasilkan titik daya maksimum (PMPP) tertinggi pada variasi sudut reflektor 15° sebesar 822 WP dengan efisiensi sesaat (η) sebesar 12,1%, sudut reflektor 30° sebesar 798 WP dengan efisiensi sesaat (η) sebesar 15,3%, dan sudut reflektor 45° sebesar 974 WP dengan efisiensi sesaat (η) sebesar 15,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Energi terbarukan, photovoltaic, solar cell, reflektor tipe datar, titik daya maksimum, efisiensi sesaat.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:07
Last Modified: 16 Feb 2021 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20999

Actions (login required)

View Item View Item