RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench) PADA PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK KANDANG DAN UREA

Zainal, Muttaqin (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench) PADA PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK KANDANG DAN UREA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Zainal Muttaqin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum pada berbagai dosis pupuk kandang dan urea yang dilaksanakan di Desa Sandik, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, dari bulan Desember 2019 sampai Maret 2020. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor, faktor pertama yaitu pupuk kandang yang terdiri dari 4 taraf : 0, 20, 25, 30 ton/ha. Faktor kedua yaitu pupuk urea yang terdiri dari 2 taraf : 100, 200 kg/ha, dari kedua faktor tersebut diperoleh 8 kombinasi yang diulang sebanyak 3 kali, sehingga didapatkan 24 unit percobaan. Tidak terdapat interaksi antara kombinasi pupuk kandang dan urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum. Kombinasi pupuk kandang pada dosis 20 ton/ha dan 200 kg/ha urea cenderung memberikan pertumbuhan dan hasil yang lebih baik. Pupuk urea tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan, tetapi berpengaruh nyata terhadap hasil tanaman sorgum, dosis urea 200 kg/ha memberikan berat malai dan berat biji yang lebih berat yaitu 259,6 g/malai dan 100,2 g/malai atau setara dengan 8,4 ton/ha jika dibandingkan dengan dosis 100 kg/ha. Perlakuan dosis pupuk kandang tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum. Perlakuan pupuk kandang dengan dosis 20 ton/ha cenderung memberikan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sorgum, pupuk kandang, pupuk urea
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:35
Last Modified: 18 Feb 2021 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21005

Actions (login required)

View Item View Item