SADRUL, ALIM (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 2 KEKERI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI FIX 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict observe explain berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA subtema 1 kelas IV SDN 2 Kekeri tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control grup desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Kekeri tahun pelajaran 2019/2020. Teknik memilih sampel dalam penelitian ini adalah non- probability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVa (kelas eksperimen) dengan jumlah siswa 24 orang dan IVb (kelas kontrol) dengan jumlah siswa 23 orang di SDN 2 Kekeri. Teknik pengumpulan data hasil belajar dengan menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t satu pihak dengan taraf signifikan 5%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu pretest (70.83) dan posttest (80,71) sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu pretest (63,59) dan posttest (72,93). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, karena lebih besar dari ( = 4,670 > = 1,680). Dengan demikian model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada kelas IV SDN 2 Kekeri tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Model POE, Media Gambar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 03:11 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 03:11 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21006 |
Actions (login required)
View Item |