PERANAN INFORMED CONSENT DALAM PENEGAKAN HUKUM PERDATA DI BIDANG PELAYANAN KESEHATAN SEBAGAI UPAYA PREVENTIF MALPRAKTIK DI RSUD PROVINSI NTB

MADE WENDY HARIANA WUGU, I (2020) PERANAN INFORMED CONSENT DALAM PENEGAKAN HUKUM PERDATA DI BIDANG PELAYANAN KESEHATAN SEBAGAI UPAYA PREVENTIF MALPRAKTIK DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi I MADE WENDY HARIANA WUGU ( D1A016122 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan informed consent dalam penanggulangan malpraktik di bidang pelayanan kesehatan dan faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan informed consent di RSUD Provinsi NTB. Metode yang digunakan dalam penilitian ini yaitu hukum normatif dan hukum empiris dengan menggunakan metode pendekatan undang-undang, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Dari hasil penelitian ini bahwa peranan informed consent dalam pelayanan kesehatan sangatlah penting untuk dilakukan karena informed consent merupakan dasar dari sebelum dilakukannya tindakan medis, dengan dilaksanakannya informed consent dengan cara yang baik maka dapat dijadikan dasar perlindungan hukum, baik bagi dokter maupun pasien bila mana di kemudian hari terjadi masalah hukum atas tindakan medis yang dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Informed Consent, Malpraktik, Preventif
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:11
Last Modified: 17 Feb 2021 03:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21009

Actions (login required)

View Item View Item