KEKUATAN INTERLAMINAR KOMPOSIT HYBRID FIBERGLASS-BAMBOO/POLYESTER TAK JENUH DENGAN METODE SHORT BEAM SHEAR (SBS)

TAQIUDIN, SUBKI (2021) KEKUATAN INTERLAMINAR KOMPOSIT HYBRID FIBERGLASS-BAMBOO/POLYESTER TAK JENUH DENGAN METODE SHORT BEAM SHEAR (SBS). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi taqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Untuk saat ini kebanyakan teknologi moderen memerlukan bahan dengan kombinasi sifat-sifat yang luar biasa yang tidak dapat diperoleh pada bahan-bahan lazim seperti logam besi, keramik, dan bahan polimer. Bidang-bidang tersebut membutuhkan masa jenis yang rendah, kekuatan bending yang tinggi, kekuatan tarik yang tinggi, dan tahan korosi, maka material komposit yang menjadi alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan konfigurasi yang tepat agar menghasilkan kekuatan interlaminar yang tinggi dari komposit hybrid serat bamboo dan fiberglass dengan metode cetak Vacuum Assisted Resin Infusion (VARI). Konfigurasi yang diteliti untuk bamboo acak dan anyam adalah dengan susunan serat, FBFBFBF, BFBFBFB, 2B3F2B, 2F3B2F, 3B, (20F untuk F. acak) dan (15F untuk F. anyam) (dimana F = bamboo, B = serat bamboo) dan untuk mendapatkan kekuatan interlaminar dilakukan pengujian kekuatan interlaminar dengan metode short beam shear (SBS). Hasil penelitian ini sebagian menunjukkan bahwa Kekuatan SBS komposit hybrid serat bamboo-fiberglass (acak dan anyam) lebih tinggi dibandingkan dengan kekuatan SBS komposit serat bamboo. Komposit hybrid dengan lebih banyak lapisan fiberglass (acak dan anyam) dibanding serat bamboo dapat memberikan kekuatan yang lebih tinggi. Untuk jumlah fiberglass-bamboo yang sama tetapi berbeda konfigurasinya berpengaruh pada kekuatan suatu komposit. Konfigurasi dengan lapisan fiberglass di posisi terluar menambah nilai kekuatan SBS pada komposit hybrid dibandingkan bila serat bamboo diletakkan di paling luar. Pada perbandingan antara fiberglass acak dan anyam dalam komposit hybrid, kekuatan SBS komposit hybrid dengan fiberglass acak lebih kuat dibandingkan dengan fiberglass anyam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Komposit, polyester tak jenuh (resin eternal), hardener, kekuatan interlaminar, metode short beam shear (SBS).
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:46
Last Modified: 17 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item View Item