NILAI TIOQ TATA TUNAQ PADA PUISI KEMBALI MELAUT KARYA IMAM SAFWAN : ANALISIS SEMIOLOGI ROLAND BARTHES

Linawati, Linawati (2021) NILAI TIOQ TATA TUNAQ PADA PUISI KEMBALI MELAUT KARYA IMAM SAFWAN : ANALISIS SEMIOLOGI ROLAND BARTHES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nilai Tioq Tata Tunaq Pada Puisi Kembali Melaut Karya Imam Safwan Analisis Semiologi Roland Barth.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna nilai Tioq Tata Tunaq pada puisi Kembali Melaut karya Imam Safwan dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, rekam, catat, dan wawancara. Metode analisis data menggunakan bagan Roland Barthes, dan disertai dengan metode deskriptif kualitatif (menerjemahkan, identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi). Sehingga penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pada puisi Kembali Melaut karya Imam Safwan memiliki nilai Tioq Tata Tunaq yang menjadi cerminan kepribadaian dan semangat kerja masyarakat Kabupaten Lombok Utara. Dari tujuh tanda yang sudah dikelompokkan mengandung nilai-nilai yang mengajarkan tentang nilai kehidupan yang didapatkan dari proses intaraksi manusia dengan alam semesta yang melahirkan sifat sabar, bersyukur, berkerja keras, memanfaatkan sumber daya alam yang ada, menjadikannya sebagai masyarakat yang mandiri, berbudaya, dan berakhlak mulia. Sehingga, nilai-nilai inilah yang ingin diwujudkan sebagai cerminan kepribadian dan semangat kerja masyarakat Kabupaten Lombok Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Puisi Kembali Melaut, Semiologi, Tioq Tata Tunaq
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:46
Last Modified: 17 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21034

Actions (login required)

View Item View Item