PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS X SMAN 1 LABUAPI

ARLIKA, NURUL ISLAMY PUA RAKE (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS X SMAN 1 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARLIKA NURUL ISLAMY PUA RAKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pengetahuan siswa pada mata pelajaran PPKN kelas X di SMA Negei 1 Labuapi pada tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa, 22 orang pada kelas eksperimen dan 22 orang pada kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrumen tes sebanyak 20 butir yang telah memenuhi validitas dan realibilitas instrument. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh ,sedangkan = 1,682 dengan dk= 42 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai 4,34 > = 1,682, maka dapat dinyatakan hipotesis penelitian diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuapi. Sedangkan uji n-gain diperoleh nilai 0,62 yang berarti peningkatan hasil belajar siswa sedang, da n-gain% diperoleh nilai 62,2 yang berarti penggunaan model pembelajran kooperratif tipe jigsaw cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kooperatif, jigsaw, Hasil belajar, Pengetahuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:46
Last Modified: 17 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item View Item