PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS XI SMA N 1 LABUAPI

SANIATIL, WADA (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS XI SMA N 1 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SANIATIL WADA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar pengetahuan siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Negei 1 Labuapi pada tahun ajaran 20120/ 2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa,sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orang pada kelas eksperimen dan 23 orang pada kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrumen tes sebanyak 20 butir yang telah memenuhi validitas dan realibilitas instrument. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh =4,63, sedangkan dengan dk= 44 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai 4,63 > = 1,680 , maka dapat dinyatakan hipotesis penelitian diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan atas penggunaan metode pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar pengetahuan siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Labuapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Peta Konsep, hasil belajar, pengetahuan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:46
Last Modified: 17 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21036

Actions (login required)

View Item View Item